Senin, 29 Maret 2010

Macromedia Flash MX 2004

Macromedia Flash MX 2004
Macromedia flash adalah sebuah program animasi yang telah banyak digunakan oleh para desainer untuk menghasilkan desain yang professional. Diantara program-program animasi, program Macromedia Flash merupakan program yang paling flexsibel untuk keperluan pembuatan animasi sehingga banyak yang menggunakan program ini. Macromedia Flash berguna untuk membuat animasi, baik animasi interaktif maupun animasi non-interaktif. Program Macromedia Flash sangar bermanfaat bagi para seniman desain untuk menuangkan ide-idenya ke dalam sebuah animasi gerak atau visual.

pembelajaran interaktif

konsep Pembelajaran Interaktif
2.2.1 Pengantar
Semakin sadarnya orang akan pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan. Pengelolaan alat bantu pembelajaran sudah sangat dibutuhkan. Metamorfosis dari perpustakaan yang menekankan pada penyediaan media cetak, menjadi penyediaan-permintaan dan pemberian layanan secara multi sensori dari beragamnya kemampuan individu untuk menyerap informasi, menjadikan pelayanan yang diberikan mutlak wajib bervariatif dan secara luas. Selain itu, dengan meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi, serta diketemukannya dinamika proses belajar, maka pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan memperoleh media pendidikan yang bervariasi secara luas pula.
Karena memang belajar adalah proses internal dalam diri manusia maka guru atau pengajar bukanlah merupakan satu-satunya sumber belajar, namun merupakan salah satu komponen dari sumber belajar yang disebut orang.
AECT (Association for Educational Communication and Technology) membedakan enam jenis sumber belajar yang dapat digunakan dalam proses belajar, yaitu :
1. PESAN; didalamnya mencakup kurikulum (GBPP) dan mata pelajaran.
2. ORANG; didalamnya mencakup guru, orang tua, tenaga ahli, dan lain-lain.
3. BAHAN; merupakan suatu format yang digunakan untuk menyimpan pesan pembelajaran, seperti buku paket, buku teks, modul, program video, OHT (Over Head Transparancy), program slide, alat peraga dan sebagainya (biasa disebut software).
4. ALAT; yang dimaksud disini adalah sarana (piranti,hardware) yang menyajikan bahan pada butir 3 di atas. Didalamnya mencakup proyektor OHP, slide, film, tape recorder, dan sebagainya.
5. TEKNIK; adalah cara (prosedur) yang digunakan orang dalam memberikan pembelajaran seperti ceramah, tanya jawab, dan lain-lain.
6. LATAR (Setting) atau Lingkungan; termasuk didalamnya adalah pengaturan ruang, pencahayaan, dan sebagainya.

2.2.2 Media Pendidikan
Bahan dan alat yang kita kenal sebagai Software dan hardware tak lain adalah media pendidikan. Kata media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari medium. Batasan mengenai pengertian media sangat luas, namun kita membatasi pada media pendidikan saja yakni media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran.
Diperlukan suatu media dalam pembelajaran dikarenakan proses belajar mengajar hakekatnya adalah proses komunikasi, penyampaian pesan dari pengantar ke penerima. Pesan berupa isi/ajaran yang dituangkan kedalam simbol-simbol komunikasi baik verbal maupun non-verbal, proses ini dinamakan encoding. Penafsiran simbol-simbol komunikasi tersebut oleh siswa dinamakan Decoding.
Secara umum media mempunyai kegunaan :
1. memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.
2. mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga, dan daya indera.
3. menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.
4. memungkinkan anak belajar mandiri dengan bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya.
5. memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.
Selain itu, kontibusi media pembelajaran umum menurut Kemp and Dayton, 1985 : penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar, pembelajaran dapat lebih menarik, pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar, waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek, kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan, proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan, sikap posistif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan, peran guru berubah ke arah yang positif.

elemen-elemen multimedia

Elemen-Elemen Multimedia
Multimedia merupakan suatu wadah penyatuan beberapa media menjadi satu kesatuan. Pada kenyataannya multimedia merupakan gabungan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen dalam pembentukan multimedia. Elemen-elemen dalam multimedia ialah teks, gambar, suara, dan animasi.

A. Gambar (Sketch / Grafis)
Gambar merupakan salah satu elemen terpenting dalam multimedia, sebab sebagian besar manusia bahkan hampir semua manusia selalu berorientasi terhadap visual. Berdasarkan penglihatan manusia dapat merepresentasikan satu gambar menjadi suatu ungkapan yang dapat mewakili seribu kata. File gambar dikenal dengan nama image dan format gambar di komputer antara lain adalah BMP, JPG, GIF, TIF, WMF dan lain-lain. Di bawah ini dijelaskan macam-macam format file gambar yang terdapat di komputer secara lebih lengkap.

Tabel 2.1 Tipe Format File Gambar

Tipe Format File Gambar Pada Komputer
PhotoShop (*.PSP, *.PDD) RAW (*.RAW)
Bitmap (*.BMP, *.RLE, *.DIB) ScitexCT (*.SCT)
CompuServeGIF (*.GIF) Targa (*.TGA, *.VDA, *.ICB, *.VST)
PhotoShop EPS (*.EPS) TIFF (*.TIF, *.TIFF)
PhotoShop DCS 1.0 (*.EPS) Wirreless Bitmap (*.WBMP, *.VBM)
PhotoShop DCS 2.0 (*.EPS) PhotoCD (*.PCD)
JPEG (*.JPG, *.JPEG, *.JPE) Pict File (*.PCT, *.PICT)
GenericPDF (*.PDF, *.PDP, *.AI) Pixar (*.PXR)



Gambar dapat dihasilkan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan cara men-scan (menangkap gambar dengan sebuah alat optik yang memantulkan sinar infra merah terhadap suatu objek). Gambar tersebut dapat berupa foto atau sketsa gambar yang yang dirancang sendiri dengan menggunakan komputer. Tampilan gambar dibedakan berdasarkan tempat penyimpanan sekunder, kerapatan mutu gambar dan banyak warna dalam sebuah gambar atau objek dua dimensi yang dihasilkan. Contoh dari aplikasi pengolahan gambar yang terkenal dan banyak yang beredar antara lain Paint, Corel Draw, Auto Cad, Corel Capture, CorelR.A.V.E, CorelTRACE, Duplexing Wizard, Adobe PhotoShop, dan Corel Photo Paint

B. Animasi (Animation)
Animasi merupakan kumpulan gambar yang memiliki alur cerita gambar yang berbeda-beda untuk setiap frame-nya yang ditampilkan secara bergantian sehingga akan terlihat bergerak. Animasi dibuat khusus untuk mendukung konsep ilustrasi yang mengharuskan adegan gambar yang bergerak. Proses animasi adalah menampilkan gambar demi gambar dalam satuan waktu, kumpulan gambar yang ditampilkan satu persatu biasa disebut file (kedipan gambar) dan akan disimpan dalam file yang mempunyai ekstension FLI atau FLC, sedangkan file animasi yang sudah disertai dengan suara disimpan dalam file yang mempunyai ekstension AVI (Audio Visual Interleave).

C. Video
Video merupakan elemen tambahan yang berisi rekaman dari kaset video atau yang lainnya yang bersifat analog. Kemudian dimasukkan dalam lingkungan komputer yang berubah menjadi gambar-gambar digital yang tidak jauh berbeda dengan animasi yang bersuara. Penggunaan video sudah banyak digunakan dalam aplikasi multimedia dan umumnya format file video yang digunakan adalah AVI yang merupakan standar video dalam sistem operasi windows.

D. Suara (Sound / Audio)
Suara adalah suatu media unik bila dibandingkan dengan media lain yang menjadi elemen multimedia. Bila bekerja dengan menggunakan suara dalam multimedia, sudah pasti akan ditemui suara yang diubah dalam bentuk digital. Adanya penggunaan suara dalam aplikasi multimedia akan menambah daya tarik bagi user karena informasi yang ditampilkan akan menjadi lebih nyata dan menyenangkan. Dalam aplikasi windows terdapat dua tipe standar suara yang umum digunakan yaitu tipe WAVE dan MIDI. Di bawah ini adalah tabel yang berisi contoh dari tipe format file suara.

Tabel 2.2 Tipe Format File Sound

Tipe Format Suara pada Komputer
Audio Interchange File Format (*.aif,*.aiff)
CDAudio (*.cda)
DialogicVOX ADPCM (*.vox)
InterVoice (*.ivc)
MPEG (*.mpg,*.mpeg,*.m1a,*.m2a)
Sonic Foundry wave64 (*.w64)
Sound Designer 1 (*.dig,*.sd)
Wave (Microsoft) (*.wav)
NEXT/SUN(Java) (*.au,*.snd)
Sonic Foundry Audio (*.sfa)
MP3 Audio (*.mp3)
Windows Media Audio (*.wma)
OggVorbis (*.ogg)
Scott Studios Wave (*.wav)
Sonic Foundry PCA (*.pca)

pendidikan anak usia dini

Pendidikan merupakan faktor penting dalam membentuk individu yang berkualitas, salah satunya adalah pendidikan matematika. Matematika merupakan faktor yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan anak pada usia dini sangat diperlukan, karena pada tahap tersebut sistem pengajaran akan mempengaruhi tingkah laku dan pola pikir anak. Rasa keingintahuan anak akan timbul jika ia menemukan sesuatu hal yang baru dan menarik sehingga anak cenderung ingin mencoba hal baru tersebut. Pada saat itulah seorang anak perlu bimbingan yang tepat.
Sebagian besar anak-anak menyatakan bahwa matematika merupakan suatu mata pelajaran yang kurang menyenangkan. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk membuat suatu aplikasi program yang dapat dipergunakan sebagai sarana pembelajaran dasar-dasar perhitungan matematika yang menarik dan menyenangkan. Penulis akan mengimplementasikan aplikasi program dalam bentuk CD Interaktif agar seorang anak dapat memahami dasar-dasar perhitungan matematika yang lebih interaktif dengan menggunakan komputer. Dengan gambar yang menarik, animasi, suara, dan latihan yang dapat membuat seorang anak lebih tertarik untuk belajar jika dibandingkan dengan hanya menggunakan media buku dan papan tulis. Seorang anak akan dengan cepat menyerap ilmu dan ia dapat belajar sambil bermain.

Minggu, 28 Maret 2010

multimedia

Multimedia
Multimedia merupakan teknologi terbaru dibidang teknologi informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi dan video yang dipadukan sehingga menjadi suatu hasil karya yang bermanfaat. Elemen-elemen tersebut disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses dan kemudian disajikan secara linier maupun interaktif. Informasi dalam bentuk multimedia dapat diterima dengan kedua indra penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya, dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (angka dan huruf) yang pada umumnya diperoleh komputer saat ini.

Pengertian Multimedia
Multimedia berasal dari kata “Multi” dan “Media”. Multi berarti banyak, sehingga multimedia pada awalnya diartikan sebagai gabungan dari berbagai media. Kemudian muncul suatu pengertian bahwa multimedia merupakan kombinasi teks, grafik, suara animasi, dan video yang disajikan melalui komputer atau alat elektronik lainnya. Ada lagi pengertian lain yang menyatakan bahwa multimedia adalah kombinasi dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) komputer yang dapat memungkinkan diintegrasikannya video, animasi, audio, grafis, dan teks untuk mengembangkan presentasi yang efektif melalui suatu komputer.

Menurut Turban, multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar. Menurut Robin dan Linda multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video.

pendidikan anak

Pendidikan merupakan faktor penting dalam membentuk individu yang berkualitas, salah satunya adalah pendidikan matematika. Matematika merupakan faktor yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan anak pada usia dini sangat diperlukan, karena pada tahap tersebut sistem pengajaran akan mempengaruhi tingkah laku dan pola pikir anak. Rasa keingintahuan anak akan timbul jika ia menemukan sesuatu hal yang baru dan menarik sehingga anak cenderung ingin mencoba hal baru tersebut. Pada saat itulah seorang anak perlu bimbingan yang tepat.
Sebagian besar anak-anak menyatakan bahwa matematika merupakan suatu mata pelajaran yang kurang menyenangkan. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk membuat suatu aplikasi program yang dapat dipergunakan sebagai sarana pembelajaran dasar-dasar perhitungan matematika yang menarik dan menyenangkan. Penulis akan mengimplementasikan aplikasi program dalam bentuk CD Interaktif agar seorang anak dapat memahami dasar-dasar perhitungan matematika yang lebih interaktif dengan menggunakan komputer. Dengan gambar yang menarik, animasi, suara, dan latihan yang dapat membuat seorang anak lebih tertarik untuk belajar jika dibandingkan dengan hanya menggunakan media buku dan papan tulis. Seorang anak akan dengan cepat menyerap ilmu dan ia dapat belajar sambil bermain.

Sabtu, 13 Februari 2010

chiemarch1

Interaksi Manusia dan Komputer
Komputer merupakan teknologi dari desktop sampai system computer besar, system pengontrolan proses atau system embedded. System ini dapat mencakup computer, termasuk manusia. System computer terdiri dari berbagai macam elemen, yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user. a.Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks, menggambar, dan memilih objek pada objek pada layar.
-Data entry : keyboard,speech, dan handwriting.
-Pointing : secara umum adalah mouse.
b.Peralatan output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara.
c.Output dan input dalam bentuk kertas : paperless office dan less-papper office
-berbagai jenis printer dan karakteristiknya, character style, dan font.
-scanner, dan pengenalan karakter optikal.
d.Memori :
-memori jangka pendek : RAM
-memori jangka panjang : magnetic dan optical disk
-keterbatasan kapasitas penyimpanan dokumen dan video
-metode akses yang membatasi dan membantu user.
e.Proses :
-efek dari system yang berjalan dengan cepat dan lambat.
-keterbatasan kecepatan pemprosesan
-Jaringan dan pengaruhnya terhadap kinerja sistem
Interaksi adalah komunikasi antara user dengan computer, dapat secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi langsung dapat melibatkan dialog dengan umpan balik dan control selama pelaksanaan tugas/kerja. Komunikasi tidak langsung dapat berupa background process atau proses batch.
a.Metode interaksi membantu kita untuk memahami apa yang terjadi pada interaksi antara user dan system. Model mengakomodasikan apa yang diinginkan user dan dilakukan oleh system.
b.dialog antara user dan system dipengaruhi oleh gaya interaksi
c.interaksi terjadi pada konteks social dan organisasi mempengaruhi user dan system.
Manusia adalah individual user, sekelompok user yang bekerja sama, atau juga sekumpulan user dalam satu organisasi, masing-masing menghadapi sebagian dari tugas atau proses dan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan menggunakan suatu teknologi.
a.manusia memiliki keterbatasan dalam memproses informasi dan hal ini mempunyai implikasi pada desain.
b.informasi diterima dan direspon melalui sejumlah saluran input dan output
-saluran visual
-saluran pendengaran
-saluran peraba
-pergerakan
c.informasi disimpan pada memori
-memori sensor
-memori jangka pendek
-memori jangka panjang
d.informasi diproses dan diaplikasikan
-penalaran
-pemecahan masalah
-skiil acquisition
-kesalahan