Sabtu, 03 April 2010

homepage

Homepage
Homepage merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web. Homepage adalah halaman pembuka dari sekian banyak webpage yang terdapat pada suatu website. Halaman pertama ini beisi tentang apa dan siapa, dari peruysahaan atau organisasi mana pemilik website tersebut, dan pada halaman pertama ini juga sering memiliki link-link yang akan membawa dari satu halaman kehalaman lainnya dari sebuah situs web.
Hypertext Transfer Protokol(HTTP)
HTTP adalah protocol yang bertuigas untuk menangani permintaan-permintaaan (request) dari browser untuk mengambil dokumen-dokumen di dalam Web. HTTP umumnya digunakan untuk melayani dokumen hypertext, karena HTTP adalah protocol dengan overhead yang sangat rendah.
Server web adalah computer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, computer ini akan melayani permintaan dokumen web dari kliennya. Browser web seperti Explorer atau Navigator berkomuniukasi melalui jaringan (termasuk jaringan internet) dengan sercer web, menggunakan HTTP.
Server dan Browser web berkomunikasi satu sama lain dengan cara browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disediakan oleh server lalu server akan memberikan dokumen atau layanannya dengan menggunakan protokol HTTP. Protokol ini merupakan protokol standart yang digunakan untuk mengakses dokumen HTML

Hypertext Markup Language (HTML)
Web adalah sekelompok kode berbasis teks yang sederhana dan universal, yang disebut Hypertext Markup Language (HTML). Karena berbasis teks, HTML dikenali dan diterjemahkan segala jenis komputer dalam bentuk tampilan Informasi yang sama. HTML adalah kreasi Tim Berners Lee, ilmuwan European Laboratory for Particle Physics (CERN – Organisasi penelitian 18 negara Eropa) di Geneva Swiss. Maret 1989, Tim memperkenalkan WEB dan HTML sebagai standar antar muka distribusi informasi di internet yang mampu menggabungkan teks, grafik dan multimedia dengan metode navigasi menu pada UNIX.
Laboratory for Particle Physics (CERN – Organisasi penelitian 18 negara Eropa) di Geneva Swiss. Maret 1989, Tim memperkenalkan WEB dan HTML sebagai standar antar muka distribusi informasi di internet yang mampu menggabungkan teks, grafik dan multimedia dengan metode navigasi menu pada UNIX.
HTML adalah bahasa kode pemrograman yang menjadi dasar bagi terwujudnya WEB. Dengan HTML seluruh sistem komputer yang saling berbeda dapat mengenali format-format yang ditampilkan dalam situs-situs Internet tanpa perbedaan yang berarti, termasuk didalamnya penampilan multimedia (grafik, suara dan citra video). HTML berbasis teks yang sangat sederhana dan praktis sehingga dapat dipahami oleh berbagai jenis komputer dalam platform sistem yang berbeda.
Dokumen HTML yang mengandung perintah-perintah teks yang disebut tag untuk menampilkan tulisan, gambar, warna, suara, video, animasi, serta link yang menghubungkan berbagai topik. Dengan bentuk hypertext maka halaman Internet (Web Site – Kios Internet) akan dapat dibangun dengan cepat serta ditampilkan dengan cantik. Dalam konsep hypertext ini, pembacaan suatu dokumen ini tidak harus urut, namun bisa meloncat antar topik bahkan di print atau di copy ke media penyimpana lokal (harddisk misalnya). Format hypertext juga memungkinkan pemakai mesin yang hanya bisa mengenali teks untuk mengakses dokumen dalam bentu teks saja. Perbedaannya hanya terletak pada tidak ditampilkannya gambar, grafik, animasi, video, suara, dan warna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar