Sabtu, 03 April 2010

istilah dalam internet

Beberapa Istilah dalam Internet

Berikut ini beberapa istilah pada umumnya sering digunakan dalam hubungannya dengan internet, diantaranya :
1. Protokol
Agar komputer-komputer dalam suatu jaringan dapat berkomunikasi, maka dibutuhkan suatu protocol atau suatu aturan standar komunikasi baik antar komputer maupun antar jaringan computer.
Saat ini terdapat banyak jenis protokol jaringan komputer seperti IPX/SPX yang bisa digunakan oleh jaringan NOVELL Netware, NETBIOS / NETBEUI biasa digunakan oleh jaringan Microsoft Networking AplleTalk yang bisa digunakan oleh jaringan komputer Apple Macintosh, dsb.
Ada satu protokol yang dikembangkan oleh DARPA (Defense Advancaed Research Projects Agency) dalam pengembangan dari ARPANET dan juga digunakan oleh jaringan komputer berbasisi Sistem Operasi UNIX yaitu protokol TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ).
Protocol TCP/IP ini menjadi standar protokol yang digunakan pada jaringan Internet, karena TCP/IP dikembangkan untuk dapat diterapkan di hampir segala jenis platform komputer, biasa dikenal dengan konsep open system.

2. HyperText Transfer Protokol (HTTP)
HTTP adalah sebuah metode yang dipakai untuk mengirim atau mentransfer beberapa file web dari server WWW ke computer client. Protocol ini merupakan protocol standar yang dipakai untuk mengakses dokumen HTML.

3. World Wide Web (WWW)
World wide web adalah sekelompok beberapa dokumen informasi yang berada pada computer server. Beberapa server ini tersebar dilima benua dan terhubung menjadi satu jaringan yang disebut internet. Dokumen informasi tersebut dibuat dengan format HTML dan disimpan didalam computer server berbentuk sebuah file yang disebut web page. Beberapa dokumen tersebut saling terkait, keterkaitan ini disebut HYPERTEXT.
Dokumen informasi ini tidak hanya terdiri dari text, tetapi dapat berupa gambar, mengandung suara bahkan video klip dan animasi. Kaitan antar dokumen yang tidak hanya berupa text ini disebut dengan hypermedia.

4. Web Browser
Brower atau sering disebut web browser adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi internet. Aplikasi ini mempunyai kemampuan untuk menampilkan suatu web page yang ditulis dalam bentuk dokumen HTML. Lync and mosaic merupakan dua contoh program aplikasi web browser yang pertama, program ini dibuat oleh NSCA (National Center for Supercomputing Aplication). Muncul netscape navigator milik netscape corporation dan internet explorer yang dikembangkan oleh Microsoft yang menyebabkan popularitas Lync dan mosaic semakin tenggelam.


5. HyperText Markup Language (HTML )
HTML kepanjangan dari Hyper Text Markup Language. HTML adalah suatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen hypertext yang dapat dibaca dari satu platform komputer ke komputer lain tanpa perlu melakukan perubahan apapun. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan edior teks sembarang. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi informasi atau pun interface aplikasi di dalam internet. Ada dua cara untuk membuat sebuah web page: dengan HTML editor atau dengan editor teks biasa (misalnya notepad).

HTML dewasa ini dikenal sebagai bahasa standar untuk membuat dokumen web. Sesungguhnya HTML justru tidak dibuat untuk mempublikasikan informasi ke web, namun oleh karena kesederhanaan serta kemudahan penggunaanya, HTML kemudian dipilih orang untuk mendistribusikan informasi di web. Dokumen HTML disusun oleh elemen-elemen. “Elemen” merupakan istilah bagi komponen komponen dasar pembentuk dokumen HTML. Beberapa contoh elemen adalah: head, body, table, paragraph, dan list. Elemen dapat berupa teks murni, atau bukan teks, atau keduanya. Menandai berbagai elemen dalam suatu dokumen HTMLmenggunakan tag. Tag html terdiri atas sebuah kurung sudut kiri (<), sebuah nama tag, dan sebuah kurung sudut kanan (>). Tag umumnya berpasangan (misalnya

dengan

, tag yang menjadi pasangan selalu diawali dengan karakter garing (/, garis miring). Tag yang pertama menunjukkan tag awal yang berarti awal elemen, dan yang kedua menunjukkan tag akhir, berarti akhir elemen. Nama elemen ditunjukkan dengan nama tagnya. Suatu elemen di dalam dokumen HTML harus ditandai dengan penulisan tagnya yang berpasangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar