Sabtu, 03 April 2010

web browser

Browser
Browser atau web browser merupakan suatu program aplikasi yang dipergunakan untuk menjelajahi internet. Browser merupakan suatu program yang dirancang untuk mengambil informasi-informasi dari suatu server komputer jaringan internet. Informasi tersebut biasanya di kemas dalam page-page dimana setiap page bisa memiliki beberapa link yang menghubungkan web page tersebut ke sumber informasi lainnya. Jika suatu link di klik, maka browser akan melihat alamat tujuan link tersebut , browser akan menampilkan informasi yang ada. Jika tidak menemukannya, maka browser akan memberikan suatu pesan yang menyatakan bahwa alamat dari tujuan link tidak dapat ditemukan.
Muncul pertama kali di World Wide Web (WWW). Browser menampilkan informasi dalam bentuk text. Lynx merupakan salah satu contoh browser text yang digunakan pada sistem unix dan VMS. Pada tahun 1993, NSCZ membuat browser Mosaic yang mempunyai kemampuan lebih baik dari pada browser-browser sebelumnya dan juga disertai dengan kemampuan untuk menampilkan gambar.
Perkembangan browser menjadi jauh lebih cepat lagi setelah muncul browser Nerscape Navigator dari Netscape Communication. Netscape mempunyai kecepatan yang jauh lebih bagus dari pada mosaic dalam menampilkan informasi-informasi, baik berupa text maupun gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar