Sabtu, 03 April 2010

internet

2.1 Sejarah internet

Apakah internet itu?Internet berasal dari kata Interconection Networking yang mempunyai arti hubungan computer dengan berbagai tipe yang membentuk system jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dan melalui jalur telekomunikasi seperti telpon,radiolink,satelit dan lai-lain. Tetapi internet juga sering disebut oleh para penggunanya antara lain cyber, e-word, dunia maya, dan lain sebagainya. Semua itu hanyalah sekedar istilah. Sebenarnya tidak ada definisi khusus mengenai internet, ataupun kepanjangan dari kata internet karena internet bukan suatu singkatan.
Yang mengatur intgrasi dan komunikasi jaringan computer ini adalah protokol-protokol yang umum disebut TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol). TCP merupakan suatu protocol komunikasi yang menyediakan transfer data secara handal unutk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP yang bertanggung jawab mengirim paket yang dirakit TCP ke jaringan atau mentransmisikan data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas internet biasanya kita harus berlanganan kesalah satu provider ISP(Internet Service Provider) yang ada. ISP biasanya disebut penyelanggara jasa internet . dengan memenfaatkan danmenggunakan internet, pemakai computer di seluruh pelosok dunia dapat mengakses, berkomunikasi dan mengirimkan secra bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar