Sabtu, 03 April 2010

komponen joomla

Template
Template pada Joomla adalah suatu file yang ditulis dalam bahasa PHP yang diperlukan Joomla untuk menampilkan Website secara keseluruhan seperti warna atau gambar latar belakang, warna table, jenis huruf, warna huruf dan sebagainya sesuai dengan keinginan desainer nya. Istilah ini dikenal juga dengan CMS lain dengan istilah yang lebih popular yaitu themes atau tema.
Komponen (Component)
Komponen adalah salah satu elemen penting yang dimiliki Joomla untuk melakukan beberapa fungsi. Komponen ini terdapat pada mainbody (mainbody php) setiap template Joomla. Komponen bisa dikatakan fungsi-fungsi khusus yang terdapat di dalam Joomla seperti system Content, Weblink, contact dan untuk menambah fungsionalitas program inti Joomla diperlukan aplikasi lain yang sesuai dengan keperluan dan kemudian disisipkan kedalam program inti Joomla. Aplikasi ini disebut komponen.
Modul (Module)
Modul adalah unit fungsi khusus yang disisipkan ke dalam program Joomla. Kegunaan utama nya selain menampilkan fitur-fitur standar program ini juga berguna untuk menampilkan fungsi komponen. Fungsi modul ditampilkan melalui system template.

Mambots
Mambots adalah sekumpulan unit fungsional yang mendukung kinerja operasinal pada Joomla yang disisipkan untuk memanipulasi atau menerjemahkan konten yang diproses oleh program inti atau komponen sebelum ditampilkan.
Mambots dikelompokan menjadi 4 bagian yaitu:
• Content Mambots – Berfungsi sebagai pengendali item-item konten sebelum ditampilkan.
• Search Mambots – Berfungsi melakukan pencarian pada seluruh bagian yang ada pada Joomla, baik itu pada komponen atau pun konten.
• Editor Mambots – Berfungsi untuk menentukan atau memilih Text Editor yang di inginkan oleh pengguna Joomla.
• Editor Extension Mambots – Berfungsi untuk menambahkan atau menyisipkan sebuah kontrol atau sebuah fungsi tertentu pada sebuah item konten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar