Sabtu, 03 April 2010

joomla

Joomla
Joomla adalah CMS yang berbasis PHP dan MySQL serta bersifat opensource. Pada awalnya sebuah perusahaan di Australia yang bernama Miro membuat sebuah CMS bernama Mambo pada tahun 2001, software ini dibuat dengan system Open Source sehingga kemajuan terhadap pengembangan software ini sangatlah pesat. Karena melihat sisi bisnis yang semakin cemerlang pada tahun 2002, kini perusahaan mulai berubah pikiran dan membuat 2 versi Mambo yaitu versi Open Source dan versi komersil yang dijual, versi Open Source dinamakan MOS (Mambo Open Source) sedangkan versi komersilnya dinamakan dengan Mambo CMS.
Pada tanggal 17 Agustus 2005 perseturuan antara pengembang Mambo dan Miro sebagai pemegang hak cipta mencapai puncaknya dimana para pengembang Mambo keluar dari Perusahaan Miro dan mengembangkan CMS Open Source sendiri yang di beri nama Joomla.
Joomla, Mambo, PHP Nuke dan Aura CMS hanyalah sebagian kecil dari CMS yang ada di dunia internet ini. Masih terdapat ratusan CMS yang tersedia, namun Joomla merupakan salah satu CMS yang terkenal dan mendapatkan dukungan yang sangat luas dari komunitas, serta bisa didapatkan secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar